19.10.09

Ciri-Ciri Orang Indonesia



Ciri-Ciri Orang Indonesia
Menurut Mochthar Lubis

Kali ini, saya mau bercerita tentang cirri-ciri orang / manusia Indonesia menurut Mocthar Lubis. Ni article yang pas buat untuk dibaca, saya aja pertama kali membacanya merasa gelik and lucu. Karena ciri-ciri ya pas bangat dengan orang-orang Indonesia menurut saya. Khusus ya untuk orang-orang yang telah saya lihat tentunya. Yang paling menggelikan bagi saya yaitu dari ciri-ciri yang diberikan Mocthar lubis, ada pula yang sama dengan ciri pribadi saya sendiri,, hee. Saya pun jadi malu sendiri mebacanya..he..hee. Nah untuk mengetahui anda termasuk diciri yang mana mari kita lanjutkann.


Ciri-ciri orang / manusia Indonesia menurut Mocthar lubis yaitu:
1. Pertama ni,,,Orang Indonesia itu pandai menyembunyikan apa yang sebenarnya dalam hatinya, dan berusaha selalu mengatakan “tidak” . Dengan berbagai cara serta diselimuti dengan topeng. Mungkin topeng ya sampai berlapis-lapis kali ya,,,dan ada juga lo sampai lupa “wajah” sebenarnya.hee… atau mungkin pake topeng besi,,, biar gak bisa dibuka…jadi yang tau hanya yang Diatas…banyangkan aja ditutupi pake topeng besi permanen,, hee,,,,
2. Kedua,,,Orang Indonesia selalu segan dan enggan bertanggung jawab atas perbuatannya, putusannya dan sebagainya. Pokoknya suka melepaskan tanggung jawab pada orang lain, apalagi terjadi kesalahan dan kegagalan. Dan selalu mencari kambing hitam dan tidak pernah mencari kambing putih,,, untuk melepaskan diri,,, biasanya yang menjadi kabing hitam adalah bawahann,,, pokoknya yang dibawah-bawah lah,, , Makanya sering saling lempar tanggung jawab.
3. Ciri yang ketiga adalah jiwa feodalisme, , yang muncul dalam prilaku feodalisme. Contoh hubungan birokrasi, upacara resmi kenegaraan , pengangkatan istri dan anak pejabat dibergai posisi tinggi kenegaraan dll. Orang biasa sangat susah untuk menghadap seorang pejabat apalagi menelepon yaa. Pokok ya banyak prosedurnya dehh,,,yang harus dilalui,,,. Makin panjang jalan yang dilalui untuk menemunya, berarti makin tinggi kewibawaan pejabat tersebut.
Ehh jangan bosan dulu,,, emang agak panjang ni,, maklum aja, orang Indonesia gitu , kalau gak banyak ciri-ciri bukan orang Indonesia namanya,,heee
4. Ciri keempat yaitu orang Indonesia percaya sama takhayul. Bahwasanya pada batu, gunung, , pantai, sungai, keris dan sebagainya mempunyai kekuatan gaib,,, so mesti disembah dan diberi sesajen. Manusia Indonesia sekarang meski udah berpendidikan tingi, masih aja percaya dengan jimat-jimat dan jampe-jampe.. lihat aja siaran telivisi,, ada uka-uka. Ntar apa lagi ya,,???
5. Ciri yang kelima yaitu bahwa watak Indonesia lemah. Manusia Indonesia kurang kuat mempertahankan keyakinannya. Banyak intelektual Indonesia yang menjual keyakinannya demi keselamata dan kesejahtraan dirinya. ,,Wah-wah,,, yang udah intelek aja masih gitu,, apalagi yang gak “dangkal otakya” wahhhh pasti berebutan ni,,,
Katanya factor penyebabnya adalah feodalisme, khususnya adanya prisip “asal bapak senang”.
Gak tau de,,bapak siapa??? Heee
6. Nah kalau ciri yang terakhir,,kita boleh bangga ni. Soalnya Mocthar lubis menyebutkan ciri posif,,,heee. Ciri orang Indonesia yang keenam yaitu artistic. Karena sejak dari dulu hasil ciptaan artistic seniman Indonesia telah mengisi museum-museum terkenal di Eropa…

Nahhh…Pertanyaan terakhirrr…. Anda berada pada ciri yang mana?
Atau anda borong semua ya,,,heeee


Selain cirri yang keenam yang telah disampaikan sebelumya, Mocthar lubis masih mencatat beberapa ciri-ciri lain manusia Indonesia. Namun ciri ini masih tetap ciri yang negative..,,he,,Banyak ya ciri negative ya,,antara lain:
1. Tidak Hemat;
2. Tidak suka bekerja keras kecuali kalau terpaksa
3. Jadi pegawai negeri adalah idaman yang paling utama, khususnya di tempat yang “basah”. Kalau di tempat kering udah mati kali ikannya ya,, heee.
4. Suka menggerutu dibelakang, tidak berani secara terbuka
5. Cemburu dan dengki terhadap orang yang lebih kaya
6. Sikap tidak peduli dengan nasib orang lain.

Mothar lubis juga mencatat ciri-ciri positif dari orang indonesai. Antara lain
1. Kemesraan hubungan antarmanusia
2. Kasih ibu dan bapak pada anak-anaknya
3. Berhati lembut dan suka damai
4. Punya rasa humor yang baik
5. Otaknya cukup encer dan cepat menangkap
6. Sabar

Tunggu kelanjutuannya yaa,, Soal ya masih ada ciri yang lain yang belum sempat saya tulis
Bersambung....


1 komentar:

  1. Semua yang dikatakan oleh Mocthar itu memang hampir semua ya benar. Orang Indonesia itu emang sering cari selamat aja, dan selalu mengelak dari tanggung jawab ya..

    Mungkin udah mendarah daging kali ya!!!

    BalasHapus